Use LACP for multi-bladed Viprion System

Use LACP for multi-bladed Viprion System

Use LACP for multi-bladed Viprion System

Use LACP for multi-bladed Viprion System, Oke lama sekali tidak pernah update tentang F5, kali ini andre akan bahas tentang LACP. Apa sih LACP, singkatnya LACP adalah Link Aggregation Control Protocol atau bisa kita sebut sebagai sebuah protocol/standar yang bisa mengikat beberapa link fisikal menjadi 1 trunk link.

LACP mempunyai standard IEEE yaitu 802.3AD atau 802.1AX. Cisco menamakan nya dengan istilah EtherChannel sedangkan vendor lain menggunakan istilah ‘teaming’ atau ‘trunking’. Contohnya pada F5 sendiri menamakan LACP sebagai trunk.

Dan F5 sendiri mengeluarkan statement bahwa untuk Viprion system dimana menerapkan Multi-blade direkomendasikan menggunakan link-aggregated trunks daripada menambahkan beberapa interface kedalam suatu VLAN.

Illustration for LACP (Link Aggregation Control Protocol)

Illustration for LACP (Link Aggregation Control Protocol)

Adapun mengkonfigurasi VLAN menggunakan trunk link-aggregate atau bukan beberapa interface sendiri-sendiri, memiliki keuntungan sebagaimana berikut :

  • Mencegah terjadinya routing loop (pengulangan routing), yang mungkin disebabkan dengan menambahkan beberapa interface individu kedalam VLAN yang sama.Viprion sendiri berfungsi sebagai layer 2 switch di blade, hanya menambahkan 1/1.1 dan 2/1.1 sebagai contoh ke VLAN yang sama dan menghubungkannya ke switch yang sama, pada dasarnya mirip ketika menghubungkan dua switch menggunakan dua kabel.
  • Redudansi link yang baik, dengan menggunakan link-aggregate trunk apabila terdapat 1 interface (trunk) mati dalam suatu blade maka trafik akan segera dialihkan melalui link trunk yang lain.
    Ketika menggunakan trunk pada semua blade, jika sebuah blade fails, interface nya (dalam kasus ini trunk). Tidak akan menghilang, hanya satu link yang hilang dan trafik akan dialihkan melalui link yang tersisa. Sementara terdapat degadrasi performance yang disebabkan karena kehilangan sebuah blade.

Use LACP for multi-bladed Viprion System


Untuk mengoptimasi bandwith pada setiap fisik network dimana kamu ingin terhubung, f5 merekomendasikan untuk mengkonfigurasi link yang terdiri dari jumlah yang sama dari port dari setiap blade. Agar lebih optimal performance nya, kamu harus meng-aggregate idealnya 2 (sepasang / genap), yang mana idealnya adalah (2, 4 atau 8). Maksimal trunk dapat meng-aggregate sebanyak 8 link.

Sebagai contoh :

Contoh tersebut menggambarkan link-aggregate trunk di 4 blade menggunakan 1 interface di tiap blade nya :

net trunk 4bld1int {
cfg-mbr-count 4
id 1
interfaces {
1/3.2
2/3.2
3/3.2
4/3.2
}
lacp enabled
mac-address 0:23:e9:11:a7:e1
}

Adapun contoh dibawah menggambarkan link-aggregate trunk di 2 blade dengan menggunakan 2 interface pada setiap blade nya :

net trunk 2bld2int {
cfg-mbr-count 4
id 1
interfaces {
1/3.1
1/3.2
2/3.1
2/3.2
}
lacp enabled
mac-address 0:23:e9:11:a7:e1
}

Dengan adanya link-aggregate trunk sendiri apabila anda memiliki 4 buah interface dengan speed up to 10 Gig, apabila dibundle menjadi 1 link-aggregate trunk maka akan menghasilkan sebuah link trunk dengan speed up to 40GigabitEthernet. Contoh nya terdapat pada f5 lab ditempat saya :

Telco F5 Configuration

F5 link aggregate control protocol trunks on viprion system

Sangat terlihat jelas pada image diatas bahwa dengan 4 interface 10 GigabitEthernet yang di aggregate menjadi 1 link trunk untuk bandwith nya sendiri bisa mencapai 40 Giga. Bagaimana? Bayangken dengan 40Gig ga bakalan ada bottleneck di network anda sodara sodara, heheh

Semoga tutorial Use LACP for multi-bladed Viprion System dengan bahasa indonesia dapat membuat teman-teman paham. Adapun saya sudah pernah membuat artikel tutorial f5 dalam bahasa indonesia yang dapat anda baca dalam related link. Silahkan berkunjung kembali ke blog ini lain waktu, semoga bermanfaat.

Cileduk, 18 January 2017. Dini hari, 2:45.

3 thoughts on “Use LACP for multi-bladed Viprion System

  1. Your Browser Microsoft Edge 14.14393 on OS Windows 10 x64 Edition

    ayolah kapan-kapan training gw song,

    • Your Browser Google Chrome 55.0.2883.87 on OS Windows 10 x64 Edition

      Hahhahaa, omdo…katanya mau sesi training tiap sabtu mana… lu ga pernag ngontak gw lagi ampe sekarang ndra… hahah

      • Your Browser Microsoft Edge 14.14393 on OS Windows 10 x64 Edition

        wah, ayolah. kamis sore atau malam gimana song?
        soalnya jum’at gw balik ke Palembang. :D
        ntar bulan 2 pas gw balik ke prabu mulai ya.
        Terima kasih Shifu, sudah mengangkat aku jadi muridmu :D

Tinggalkan Komentar